Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rumus Rumus Dasar Excel

Rumus rumus dasar excel

Rumus rumus dasar excel

Rumus Excel yang harus dikuasai oleh admin ada beragam. Contohnya saja IF, VLOOKUP, HLOOKUP, SUM, AVERAGE, dan sebagainya. Seorang admin tentu saja perlu menguasai semua rumus tersebut.

Apa saja rumus spreadsheet?

10 rumus Excel

  1. SUM. SUM adalah rumus yang paling banyak dipakai karena fungsinya untuk menjumlahkan angka-angka.
  2. 2. IF. IF berfungsi untuk mengembalikan suatu nilai jika sebuah kondisi atau pernyataan bernilai benar. ...
  3. 3. LOOKUP. ...
  4. 4. VLOOKUP. ...
  5. MATCH. ...
  6. 6. CHOOSE. ...
  7. 7. DATE. ...
  8. 8. DAYS.

Apa itu rumus VLOOKUP dan hlookup?

Bentuk penulisan fungsinya =VLOOKUP(lookup_value, tabel_array, col_index_num) atau bisa juga dibaca =VLOOKUP(Nilai Kunci, letak table, nomor kolom). Sedangkan fungsi HLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format horizontal.

Rumus IF untuk apa?

Gunakan fungsi IF, salah satu dari fungsi logika, untuk mengembalikan satu nilai jika kondisi benar dan nilai lain jika kondisi salah. Misalnya: =IF(A2>B2,"Melebihi Budget","OK") =IF(A2=B2,B4-A4,"")

Apa rumus pengurangan di Excel?

Mengurangi angka menggunakan referensi sel Ketik angka di sel C1 dan D1. Misalnya, 5 dan 3. Di sel E1, ketik tanda sama dengan (=) untuk memulai rumus. Setelah tanda sama dengan, ketik C1-D1.

Apa saja rumus dan fungsi dalam Microsoft Excel?

Agar bisa mengaplikasikan Microsoft Excel dengan baik, pelajari 20 rumus Excel di bawah ini untuk mempermudah pekerjaanmu dan ketahui fungsinya!

  1. SUM. SUM adalah rumus Excel yang digunakan untuk menjumlahkan angka pada sel-sel tertentu.
  2. MAX dan MIN. ...
  3. AVERAGE. ...
  4. COUNT. ...
  5. COUNTA. ...
  6. TRIM. ...
  7. IF. ...
  8. AND.

SUM itu apa?

SUM dipakai ketika kamu ingin menjumlahkan beberapa angka dalam grup sel. Fungsi ini digunakan untuk melakukan penjumlahan data atau menambahkan semua angka yang telah kamu tentukan sebagai variabelnya.

Apa itu SUM di Excel?

Fungsi SUM menambahkan nilai. Anda dapat menambahkan nilai individual, referensi sel atau rentang, atau campuran ketiganya. Misalnya: =SUM(A2:A10) Menambahkan nilai di sel A2:10.

Apa itu pivot table di Excel?

PivotTable adalah alat canggih untuk menghitung, meringkas, dan menganalisis data yang memungkinkan Anda melihat perbandingan, pola, dan tren dalam data Anda. PivotTable bekerja sedikit berbeda tergantung pada platform apa yang Anda gunakan untuk menjalankan Excel.

Manakah rumus Hlookup?

Rumus Excel Hlookup merupakan salah satu fungsi ms. Excel yang digunakan untuk mencari data pada baris pertama sebuah tabel data, kemudian mengambil nilai dari sel mana pun di kolom yang sama pada tabel data tersebut.

Apa fungsi dari rumus MIN MAX average dan Sum?

Fungsi Average menghitung rata-rata, atau rata-rata aritmetika, dari argumennya. Fungsi Max mencari nilai maksimum. Fungsi Min mencari nilai minimum. Fungsi Sum menghitung jumlah argumennya.

Apa itu fungsi string?

Dengan fungsi string, Anda bisa membuat ekspresi di Access yang memanipulasi teks dalam berbagai cara. Misalnya, Anda mungkin hanya ingin menampilkan bagian dari nomor seri pada formulir. Atau, Anda mungkin perlu bergabung (menggabungkan) beberapa string bersama-sama, seperti nama belakang dan nama depan.

Kapan menggunakan VLOOKUP dan hlookup?

Demikian, perbedaan VLOOKUP dan HLOOKUP, yaitu VLOOKUP adalah rumus yang digunakan untuk mencari data dalam rentang sel secara vertikal (mencari data berdasarkan kolom). Sementara itu, HLOOKUP adalah rumus yang digunakan untuk mencari data dalam rentang sel secara horizontal (mencari data per baris).

Bagaimana Cara Menghitung Otomatis di Excel?

Pilih sel di samping angka yang ingin dijumlahkan, klik Jumlah Otomatis di tab Beranda, tekan Enter, dan selesai. Ketika Anda mengklik Jumlah Otomatis, Excel akan otomatis memasukkan rumus (yang menggunakan fungsi SUM) untuk menjumlahkan angka.

Apa Formula menemukan jumlah total?

Formula SUM adalah rumus Excel paling dasar yang bisa kamu tahu. Rumus ini memungkinkan kamu untuk menemukan jumlah atau total dari suatu nilai atau tabel yang ingin dihitung. Seperti ini bentuk rumus formatnya =SUM (nilai 1, nilai 2).

Apa itu max di Excel?

Rumus MAX pada Microsoft Excel dapat digunakan untuk mencari nilai terbesar dari suatu kumpulan angka yang entri datanya memenuhi kriteria tertentu. Berbeda dengan fungsi Excel pada umumnya, fungsi MAX ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari suatu data dengan kriteria/kondisi tertentu.

Bagaimana cara membuat subtotal?

Membuat subtotal:

  1. Pertama, urutkan lembar kerja Anda dengan data yang ingin Anda jumlahkan.
  2. Pilih tab Data, kemudian klik perintah Subtotal.
  3. Kotak dialog Subtotal akan muncul. ...
  4. Klik panah drop-down pada Use function: pilih untuk menentukan fungsi yang ingin Anda gunakan.

Bagaimana cara pivot data?

Cara Penggunaan Pivot Table

  1. Buka file microsoft excel yang akan menjadi database utama.
  2. Aktif pada salah satu cell pada data tersebut lalu Klik Insert.
  3. Pada group Table, Pilih Pivot Table.
  4. Setelah mengklik pivot table, akan akan mucul kotak dialog Create Pivot Table yang secara otomatis menseleksi table data kita.

Apakah fungsi dari Select a table or range?

Select table or range = mengambil dari data sheet yang sudah ada. Use an external data source = mengambil data dari sumber luar.

Bagaimana menggunakan rumus VLOOKUP pada Excel?

Ketikkan =VLOOKUP( pada kolom Nilai Akhir di Tabel B. Klik jumlah poin yang didapatkan oleh mahasiswa tersebut dan tambahkan tanda ;. Tampilan rumus akan menjadi =VLOOKUP(G2;. Blok tabel yang digunakan sebagai acuan nilai pada Tabel A. Sisipkan tanda $ di huruf dan angka agar bisa di-drag ke bawah.

15 Rumus rumus dasar excel Images

Dasar abang posesif Jan lupa follow ig gua ya queensalxi aksi

Dasar abang posesif Jan lupa follow ig gua ya queensalxi aksi

K Pop Fanfiction Wattpad Boy Groups Turn Ons Lucky Number Icon

K Pop Fanfiction Wattpad Boy Groups Turn Ons Lucky Number Icon

Excel Instagram Productivity Trapper Keeper Create Report Cards

Excel Instagram Productivity Trapper Keeper Create Report Cards

Convierte tu foto en un dibujo  en 2023  Foto Foto en dibujo Foto

Convierte tu foto en un dibujo en 2023 Foto Foto en dibujo Foto

Teen budget worksheet  I love this roundup of budget planners for

Teen budget worksheet I love this roundup of budget planners for

Top 10 Essential Excel Formulas for Analysts in 2023  YouTube Excel

Top 10 Essential Excel Formulas for Analysts in 2023 YouTube Excel

Cara Memindahkan Kolom di Excel  Tips Adidas logo Lockscreen

Cara Memindahkan Kolom di Excel Tips Adidas logo Lockscreen

Microsoft Excel Formulas Bani Data Entry Accounting Website Laptop

Microsoft Excel Formulas Bani Data Entry Accounting Website Laptop

Ashlyn WritesHow to Organize a Wedding Guest List Spreadsheet  free

Ashlyn WritesHow to Organize a Wedding Guest List Spreadsheet free

Hacks Samsung Excel Incoming Call Instagram Tips Phone Hacks

Hacks Samsung Excel Incoming Call Instagram Tips Phone Hacks

Race Car Coloring Pages Printable Coloring Pages Coloring Pages For

Race Car Coloring Pages Printable Coloring Pages Coloring Pages For

Pin di GirlsIllustrations

Pin di GirlsIllustrations

Learning Microsoft Microsoft Excel Microsoft Office Excel Budget

Learning Microsoft Microsoft Excel Microsoft Office Excel Budget

 Como crear un mini Dashboard IMPRESIONANTE SUPER FACIL en Excel

Como crear un mini Dashboard IMPRESIONANTE SUPER FACIL en Excel

Post a Comment for "Rumus Rumus Dasar Excel"